Jumat, 11 Januari 2013

Pemakaian Komputer Yang Baik Dan Benar


Pemakaian Komputer Yang Baik Dan Benar


Dengan Menggunakan Komuter dengan benar kita akan terhindar dari
* Kebiasaan posisi tubuh yang salah
Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan gangguan pada tulang. Jika posisi duduk dengan punggung membungkuk maka tulang belakang akan melengkung ke kiri, ke kanan, ke depan, atau ke belakang. Melengkungnya tulang belakang tersebut dipengaruhi oleh posisi dan kebiasaan duduk. Kelainan tulang punggung dapat dibedakan menjadi tiga: 
a. Skoliosis, yaitu tulang punggung yang terlalu melengkung ke kiri atau ke kanan.
b. Kifosis, yaitu tulang punggung terlalu melengkung ke belakang.
c. Lordosis, yaitu tulang punggung yang terlalu melengkung ke depan.

Oleh karena itu kita harus membiasakan duduk dengan sikap yang benar yaitu duduk
dengan sikap tegak dan tidak membengkok ke kanan atau ke kiri.
Menggunakan computer dengan posisi tubuh yang benar, akan memberikan kenyamanan saat bekerja. Dengan posisi tubuh yang rileks, kta dapat bekerja secara efektif dan kesehatan kitapun akan terjaga. Ilmu yang mempelajari bagaimana mngatur posisi duduk yang baik dan benar di depan computer disebut ergonomic. Kenyamanan yang dibutuhkan atara lain keadaan user maupun hardware atau perangkat keras computer    Posisi duduk: tempat duduk yang ideal dan bersandar, kursi ideal bias berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya, tempat duduk yang tidak besandar dapat menyebabkan punggung kelelahan.
               

         Posisi mata: harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah, jika posisi mata tinggi atau rendah membuat leher cepat lelah, layar yang digunkan sebaiknya yang low radiasi, atau layar jenis LCD.
         Posisi tangan: pilih tuts keyboard yang lembut dan digunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik.
Berikut ini posisi duduk yang benar saat menggunakan computer.
         Bagian kepala dan leher Aturlah agar posisi kepala dan leher anda tegak dengan pandangan lurus kedpan. Dengan posisi ini, anda akan sanggup bertahan lebih lama didepan computer dan tidak cepat merasa lelah. Posisi leher yang terlalu lentur dan kepala menengadah atau menunduk saat menghadap monitor tidak dibenarkan karena akan membuat anda cepat lelah .  Bagian punggung Duduk dengan punggung yang  tegak dan rileks merupakan posisi yang benar saat menggunakan computer. Badan yang terlalu membungkuk, terlalu miring ke kiri atau kekanan, dapat menimbulkan rasa sakit. Usahakan agar seluruh punggung tersangga dngan baik oleh sandaran kursi
         Bagian pundak aturlah posisi pundak sedemikian rupa agar otot-otot pundak tdak tegang. Usahakan agar pundak tidak terlalu bawah atau terlalu tegak   Posisi lengan dan siku Posisi lengan  yang baik adalah berada disamping badan dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat   Bagian kaki gunakan sandaran kaki atau footrest sehingga tungkai berada dalam posisi yang nyaman.

Selain hal-hal diatas, Anda perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut agar kesehatan anda tetap terjaga:
         Sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi badan anda
         Usahakn agar jarak antara monitor dan mata minimal 80 cm
         Gunakan refresh rate monitor minimal 72 Hz agar mata tidak cepat lelah
         Gunakan kursi yang memiliki sandaran tangan
         Atur pencahayaan monitor.
Tentu saja, petunjuk umum menjaga yang di ajarkan oleh ahli kesehtan seperti makan dan minum yang sehat, istirahat yang cukup, dan berolah raga juga perlu anda perhatkan.

Dari sisi hardware atau perangkat keras computer, Anda perlu memperhatikan factor-faktor berikut ini karena sangat berpengaruh pada kesehatan dan keselamatan kerja.
         Posisi monitor
Monitor berpengaruh pada kesehatan mata karena mengeluarkan radiasi. Untuk mengurangi keluhan pada mata, lakukan hal-hal berikut:
         Letakkan monitor diruangan dengan pencahayaan yang cukup (tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup)
         Atur posisi monitor agar berada tepat di depan mata anda
         Aturlah kecerahan monitor agar cahaya yang keluar tidak terlalu terang atau terlalu redup.
         Gunakan filter screen (filter monitor) untuk meredam radiasi.
         Posisi keyboard letakkan keyboard dngan posisi lebih rendah dari monitor, namun tidak terlalu rendah.
         Posisi mouse letak mouse yang benar adalah disamping keyboard. Sesuaikan tangan yang biasa anda gunakan untuk berkerja. Jika anda bekerja dengan tangan kiri, letakkan mouse disebelah kiri keyboard dan aturlah agar seting mouse menjadi left handed melalui system operasi
         Posisi meja dan kursi
Aturlah meja dan kursi sedemikian rupa sehingga posisi duduk anda di depan monitor, lebih nyaman dan dapat menjangkau keyboard dan mouse dengan mudah. Selain di atur posisinya, perangkat keras computer harus dijaga dengan baik karena perngkat-perangkat tersebut menggunakan listrik.
         Posisi monitor
Monitor CRT menggunakan listrik tegangan tinggi dan membutuhkan daya yang cukup besar. Hindarkan monitor dari percikan air karena dapat menimbulkan hubungan pendek atau korsleting yang dpat membahayakan keselamatan anda.
         Kotak CPU
Kotak CPU yang diletakkan di lantai dan tidak dilengkapi dengan ground dapat mengalirkan listrik saat kita menyentuhnya tanpa alas kaki. Untuk menghindari korsleting, otak CPU sebaiknya diletakkan di yang aman, misalnya di atas meja. Kotak CPU dapat ditanahkan (grounded) dengan cara dihubungkan ke tanah atau tembok menggunakan seutas kawat tembaga. Karena CPU membutuhkan komsumsi listrik yang besar, maka kita harus menjauhkan dari benda-bnda cair dan binatang atau serangga untk menghindari korsleting.
         Kabel
Aturlah susunan kabel secara baik dan rapi. Periksa stop kontak atau sumbr listrik, jangan sampai ada yang longgar karena aliran listrik yang tidak stabil berpotensi merusak perangkat keras computer dan mengakibatkan korsleting.

Setelah kita tahu bagamana posisi yang benar di depan computer maka langkah berikutnya adalah bagaimana memperlakukan komputer . Komputer juga harus di perlakukan dengan baik supaya computer yang kita gunakan tidak cepat rusak
         Pertama, computer harus diletakkan di tempat yang aman. Aman dari jangkauan anak-anak, aman dari api, aman dari penyinaran mata hari secara trus-menerus, dan aman dari percikan air.
         Selanjutnya langkah penggunaan computer pemakaian selalu di awali dengan memasang stop kontak untuk power supply, lalu hidupkan. Stop kontak sebaiknya tidak goyang dan mntap sehingga arus listrik tidak terganggu karena arus dari PLN langsung rata-rata 220 volt dan berbahay bagi kita kabel yang diperlukan cukup banyak jadi hindari kesemrawutan, kabel dapat dirapikan dengan mengisolasinya atau mengikatnya dengan karet, hal yang harus diperhatkan adalah stabilizer, bnda itu harus digunakan untuk arus listrik yang naik turun dan dapat menyebabkan kerusakan pada hardware.
         Sesudah stop kontak dipasang dilanjutkan dengan tombol ON/OFF perlakukan seperti ini di sebut booting dingin, proses dingin ini sebaiknya digunakan dengan hati-hati dan berulang-ulang, tunggu sesaat karena computer sedang menset sesuai BIOS dan mengecek perangkat computer seperti monitor, keyboard, mouse,  printer, dsbg.
         Setelah desktop siap ,start ada pada kiri bawah layar,akan muncul menu pull down, kemudian pilih program yang akn muncul pada menu.

Kesimpulan:
“kita perlu mengetahui ketentuan penggunaan perangkat keras computer dan periferalnya demi kesehatan dan keselamatan kerja. Setting dan posisi perangkat keras serta posisi tubuh pada saat bekerja harus kita perhatikan agar terhindar dari dampak buruk penggunaan tekhnologi dan informasi dan kompunikasi. Kelalaian atau kecerobohan dapat mendatangkan efek negative yang membahas kesehatan kita.”

0 comment:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2010 Twihard TKJ Blog | Design : Noyod.Com